Jl. pahonjean Km.05, Perumnas Cendana Asri no.09, Kab. Cilacap Jawa Tengah. 082-220-699-542

Perbedaan Infeksi Bakteri dan Jamur Pada Alat Kelamin

Mengenal Masalah Penyakit Kelamin

Infeksi Jamur berbeda dengan infeksi bakteri, dimana penyakit yang disebabkan oleh jamur tidaklah berbahaya, hanya saja menimbulkan rasa yang tidak nyaman yaitu rasa sakit, perih dan gatal, berbeda dengan infeksi bakteri dimana gejala yang ditimbulkan sangat sulit di tandai terutama penyakit sipilis, penyakit sipilis di sebabkan oleh bakteri tropelema palidum yang memiliki gejala luka lecet tanpa rasa sakit, ataupun gatal.

Terdapat banyak sekali jenis penyakit yang di sebabkan oleh bakteri ataupun jamur, oleh karena itu Kami akan menginformasikan berbagai jenis penyakit di alat kelamin sehingga Anda dapat menyimpulkan sendiri penyakit apa yang sedang Anda alami.

Infeksi Jamur di Alat Kelamin

Infeksi jamur pada alat kelamin atau kandidiasis adalah gejala dimana alat kelamin timbul masalah yang tidak wajar yang disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans. Penyakit ini dapat mengenai kulit, lidah, dan berbagai bagian tubuh lainnya yang sering ditularkan melalui hubungan seksual tanpa pelindung dengan penderita lainnya.

Infeksi jamur ini dapat menyebabkan terjadinya vaginitis pada wanita, dengan gejala berupa kulit kemaluan terasa gatal dan sangat merah, luka putih seperti panu yang terkadang menimbulkan rasa gatal, dan keluarnya cairan berwarna putih seperti kapas dari vagina. Cairan ini biasanya bersifat kental. Pada pria, gejala infeksi jamur dapat berupa adanya bercak kemerahan dan luka yang terasa nyeri pada kepala penis, yang disertai dengan rasa gatal hebat dan rasa terbakar.

Kandidiasis dapat mengenai mukosa anus, kerongkongan, dan kuku, yang dapat menyebabkan beberapa gejala berat, termasuk kesulitan menelan makanan. Jika tidak diobati, jamur dapat terus menyebar ke berbagai sistem organ lainnya dan menyebabkan terjadinya fungemia (terdapatnya jamur di dalam darah).

Infeksi Jamur Pada Pria

Infeksi Jamur Ragi Penis

Infeksi ini biasanya terjadi pada merka yang kurang menjaga kebersihan alat kelaminnya atau tertular pasangan seksual Anda, selain itu juga ada banyak hal yang dapat menimbulkan in feksi jamur ini seperti :
  1. Tidak disunat
  2. angguan daya tahan tubuh atau mengidap penyakit yang menyerang daya tahan tubuh, seperti AIDS
  3. Kadar gula darah tinggi atau mengidap penyakit kencing manis (diabetes)
  4. Area penis lembap, misalnya karena berkeringat atau tidak mengeringkan penis dengan sempurna setelah mandi
  5. Mengonsumsi obat kortikosteroid
  6. Kelebihan berat badan atau obesitas

Apa Saja Gejala Infeksi Ragi Penis

Ada beberapa tanda infeksi ragi penis yang tidak boleh Anda remehkan. berikut ini ialah gejala pada penis yang terkena infeksi jamur :
  1. Gatal dan panas di kepala penis
  2. Penis terlihat memerah atau membengkak
  3. Muncul bercak atau noda putih di sekitar area penis
  4. Bau tak sedap (bagi pria yang tidak disunat)
  5. Keluar cairan putih yang menggumpal di balik kulit kulup (bagi pria yang tidak disunat)
  6. Sakit ketika buang air kecil atau berhubungan seks

Infeksi Jamur Pada Wanita

Penyakit Vaginitis

Vaginitis adalah peradangan vagina yang menyebabkan pembengkakan, gatal, perih, atau infeksi pada vagina. Vaginitis dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, parasit, atau virus. Penyebab paling umum dari vaginitis adalah bacterial vaginosis, infeksi jamur, trichomoniasis, dan vaginitis non infeksius. Anda perlu mengonsultasikan dengan dokter untuk menemukan penyebab pasti dari infeksi dan memilih perawatan yang tepat.

Apa saja tanda-tanda dan gejala vaginitis
  1. Cairan dari vagina yang berwarna aneh dan berbau tidak sedap
  2. Kadar cairan yang abnormal
  3. Gatal, iritasi, dan rasa tidak nyaman pada area yang terinfeksi
  4. Rasa sakit saat berhubungan intim
  5. Rasa sakit saat buang air kecil
  6. Perdarahan vagina ringan atau bercak-bercak.

Infeksi Bakteri Penyakit Kelamin

Penyakit kelamin alias penyakit menular seksual tidak dapat dideteksi dengan mudah oleh mata telanjang pada seseorang (atau bahkan diri Anda sendiri), karena sering kali penyakit ini muncul tanpa Anda sadari. Oleh sebab itu, penyakit menular seksual juga biasa disebut dengan infeksi menular seksual (IMS), karena infeksi bisa terjadi tanpa adanya indikasi tanda dan gejala yang mengawalinya.

Banyak sekali jenis penyakit kelamin yang di sebabkan oleh bakteri, dan berikut ialah jenis penyakit menular seksual yang di sebabkan oleh bakteri :

1. Penyakit Sipilis

Sifilis atau raja singa adalah penyakit seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum. Gejala awal sifilis adalah munculnya lesi atau luka pada alat kelamin atau pada mulut. Luka ini mungkin tidak terasa sakit, tapi sangat mudah untuk menularkan infeksi. Luka atau lesi ini akan bertahan selama 1,5 bulan dan kemudian menghilang dengan sendirinya. Perlu diperhatikan bahwa lesi sangat menular, sentuhan dengan lesi dapat mengakibatkan seseorang tertular.

2. Penyakit Gonore/Kencing Nanah

Gonore atau kencing nanah adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Beberapa penderita penyakit ini tidak menunjukkan gejala apa pun, sehingga bisa tidak diketahui sama sekali jika dirinya terinfeksi. Bila menimbulkan gejala, pada penderita gonore dapat ditemukan:

Gejala gonore pada pria:
  1. Pada ujung penis keluar cairan berwarna putih, kuning, atau hijau.
  2. Rasa sakit atau perih saat buang air kecil
  3. Peradangan pada ujung penis
  4. Terkadang ditemukan rasa sakit di sekitar buah zakar.

Gejala gonore pada wanita:

  1. Cairan vagina yang encer dan berwarna kuning atau hijau.
  2. Sering buang air kecil.
  3. Perih atau rasa sakit saat buang air kecil.
  4. Rasa sakit pada perut bagian bawah pada saat berhubungan seks atau setelahnya.
  5. Perdarahan pada saat berhubungan seks atau setelahnya, atau perdarahan berlebihan ketika mengalami menstruasi.
  6. Gatal di sekitar kelamin.

3. Penyakit Chlamydia

Chlamydia adalah jenis penyakit seksual yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis. Penyakit ini merupakan penyakit menular seksual yang paling sering terjadi. Beberapa orang tidak merasakan gejala sama sekali, sehingga penularan bisa terjadi tanpa disadari. Pada sebagian orang, chlamydia bisa menimbulkan gejala, seperti:

Gejala chlamydia pada wanita:
  1. Cairan vagina tidak seperti biasanya.
  2. Perih atau rasa sakit saat buang air kecil.
  3. Menstruasi yang banyak.
  4. Perdarahan diluar siklus haid.
  5. Sakit saat melakukan hubungan seksual.
  6. Nyeri di perut bagian bawah

Gejala chlamydia pada pria:
  1. Pada ujung penis keluar cairan berwarna jernih atau putih
  2. Sakit pada saat buang air kecil
  3. Rasa gatal atau panas sekitar lubang penis
  4. Rasa sakit dan pembengkakan di sekitar buah zakar

4. Penyakit Herpes

Herpes genital adalah penyakit seksual yang disebabkan oleh virus herpes simpleks atau sering disebut HSV. Gejala herpes genital akan muncul beberapa hari setelah terinfeksi HSV. Luka melepuh berwarna kemerahan serta rasa sakit pada wilayah genital menjadi awal gejala herpes yang muncul. Mungkin juga akan disertai gatal atau sakit saat membuang air kecil.

5. Penyakit Kutil Kelamin

Kutil kelamin atau kutil genital adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus yang dikenal sebagai human papillomavirus (HPV). Terdapat 40 tipe virus HPV yang dapat menyerang alat kelamin, tetapi sebagian besar kutil kelamin disebabkan oleh HPV tipe 6 dan 11. Kutil kelamin adalah kutil yang muncul di sekitar alat kelamin atau di area dubur. Kutil ini mungkin tidak menimbulkan rasa sakit, tapi biasanya akan muncul rasa gatal-gatal, memerah dan terkadang bisa berdarah. Pada beberapa penderita, kutil bisa tumbuh bergerombol dan kemudian terlihat seperti kembang kol.


Baca juga >> Lokasi Toko Obat Sipilis di Bogor dan Namanya

Perbedaan Infeksi Bakteri dan Jamur Pada Alat Kelamin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: eko priya